Friday, May 6, 2016

HIJAU PAKAIAN DI SURGA??





KERTAS KOSONG - Surga merupakan tempat kembali yang paling baik. Orang-orang yang ada di dalamnya akan diberikan keistimewaan yang luar biasa. Lalu benarkah pakaian penduduk surga berwarna hijau? Al-Qur'an ternyata membenarkan hal tersebut. Mungkin beberapa orang bertanya-tanya mengapa harus warna hijau yang digunakan untuk pakaian penghuni surga. Oleh karena itu, simaklah penjelasannya di artikel berikut ini.

Islam adalah agama yang sempurna karena seluruh aspek kehidupan telah diatur di dalam Al-Qur’an dan hadits. Allah memberikan perintah untuk dilaksanakan dan larangan untuk ditinggalkan. Selain itu, Nabi Muhammad telah memberikan contoh tauladan bagi umat manusia untuk menjadi hamba yang bertaqwa dan di sayang oleh Allah. Salah satu aspek kehidupan yang diatur adalah cara berpakaian baik di dalam rumah ataupun ketika bertemu dengan orang yang bukan muhrim. 

Mungkin, sudah banyak orang yang tahu mengenai adab berpakaian di dunia ini. Tapi tak banyak mereka yang tahu mengenai pakaian yang akan dikenakan oleh mereka penghuni surga. Surga merupakan tempat kembali yang paling baik. Di dalamnya, hanya ada kebahagiaan dan kenikmatan dari Allah. Oleh karena itu, pastinya Allah memberikan pakaian terbaik untuk hamba-Nya yang taat ketika di dunia dengan warna hijau dalam Islam.

Berbeda dengan mereka penghuni neraka. Di dalam neraka hanya ada siksaan dan adzab dari Allah atas perilaku dosa dan maksiat yang selama ini mereka lakukan. Oleh karena itu, bahkan Allah tidak memberikan pakaian untuk mereka. Mereka dibiarkan telanjang dan merasakan panasnya api neraka.

Di mana kita akan masuk, tergantung dengan amal ibadah kita selama hidup di dunia. Untuk meningkatkan semangat beramal dan beribadah, akan lebih baik jika kita mengetahui pakaian para penghuni surga yang istimewa itu.

Sebuah ayat dalam Al-Qur’an menjelaskan bahwa para penghuni surga kelak akan memakai pakaian yang terbuat dari sutera halus dan tebal dengan warna hijau serta mereka akan dipakaikan gelang dari perak. Selain itu, Allah akan memberikan minuman bersih kepada mereka. Lalu apa arti warna hijau?

Riwayat lain mengungkapkan bahwa pada suatu hari Rasulullah bertemu dengan sahabatnya dan beliau mengenakan dua pakaian, yakni pakaian bawah dan atas dengan warna hijau. Berdasarkan kedua riwayat tersebut diketahui bahwa penghuni surga kelak akan mengenakan pakaian berwarna hijau seperti yang telah diriwatkan dalam Al-Qur’an dan hadits. Warna ini terlihat lebih mengenakkan dan nampak lebih indah. Inilah keistimewaan warna hijau. Dan menurut As Sa’di, Allah akan memberikan penduduk surga dengan dua jenis pakaian berwarna hijau yang terbuat dari sutera halus dan tebal sesuai dengan riwayat di atas.

Berdasarkan penjelasan di atas, kita tahu bahwa Allah pastinya akan memberikan yang terbaik untuk para penghuni surga karena selama hidup mereka telah melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Melalui ayat di dalam Al-Qur’an, Allah tidak akan megingkari janjinya itu sehingga bisa dijadikan semangat untuk kita lebih giat beribadah dan beramal lagi.

Sebagai seorang hamba, kita harus yakin bahwa isi Al-Qur’an merupakan kebenaran yang berasal dari Allah. Namun tak mudah untuk dapat mengenakan pakaian istimewa itu. Kita harus banyak-banyak beribadah dan beramal untuk mengumpulkan bekal di akhirat kelak. Apabila kita masuk surga, barulah bisa merasakan mengenakan pakaian indah itu. Oleh karena itu, selagi ada waktu gunakanlah waktu itu untuk senantiasa mengingat dan bersyukur kepada Allah.

Sumber : kumpulanmisteri.com

No comments:

Post a Comment