Tuesday, May 3, 2016

TEMPAT-TEMPAT WISATA TERKENAL DISUMATERA BARAT


KERTAS KOSONG - Mau liburan ke Sumatera Barat? Jangan lewatkan destinasi-destinasi nan eksotis khas Sumatera Barat berikut ini.


  1. Air Terjun Lembah Anai
Keeksotisan Bukittinggi sudah dapat kamu rasakan bahkan sebelum tiba di pusat kota Bukittinggi. Beberapa kilometer menjelang pusat kota,  di sisi kiri jalan raya Padang–Bukittinggi, kamu akan dibuat terpukau oleh pemandangan air terjun setinggi 25 meter di tepi jalan.
Tidak hanya itu, kamu juga dapat melihat jembatan rel kereta api tua yang membentang di antara bukit, tepat di atas jalan raya Padang–Bukittinggi.
2. Janjang Koto Gadang

Dijuluki sebagai ‘The Great Wall of China versi Indonesia’, jembatan penghubung Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi ini menyajikan panorama Ngarai Sianok yang mengagumkan.
Selain itu, kamu juga dapat berinteraksi dengan para kera sepanjang melintasi jembatan ini.
3. Benteng Fort de Kock

Fort de Kock merupakan sebuah benteng pertahanan peninggalan jaman kolonialisme Belanda. Di sekitar benteng terdapat beberapa koleksi meriam kuno serta Jembatan Limpapeh yang menghubungkan benteng dengan Taman Marga Satwa Kinantan.
Dari atas Jembatan Limpapeh, kamu dapat menikmati keindahan Kota Bukittinggi dari ketinggian 100 meter.
 4Danau Maninjau

Danau terluas ke-11 di Indonesia ini berlokasi di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam. Danau vulkanik ini berada di ketinggian kurang lebih 461 m di atas permukaan laut, sehingga keindahannya dijamin akan memuaskan mata kamu.

5. Danau Singkarak


Pernah dengar ‘Tour de Singkarak’? Perhelatan tahunan para pesepeda tersebut merupakan bukti tak terbantahkan betapa keindahan danau ini telah diakui oleh dunia. Jangan lewatkan mencicipi lezatnya ikan Bilih khas Danau Singkarak.

6. Lubang Jepang



Lubang yang dibangun sekitar tahun 1942 ini merupakan terowongan sepanjang 1470 meter yang berbelok-belok serta menaiki 132 anak tangga. Di penghujung terowongan, kamu dapat kembali menikmati keindahan Ngarai Sianok.

7. Istana Bung Hatta


Istana yang sebelumnya dikenal dengan nama Gedung Negara Tri Arga ini, kini digunakan sebagai gedung serba guna untuk acara-acara penting kenegaraan, seperti misalnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang menyelenggarakan rapat kabinet di Istana Bung Hatta pada Oktober 2013 lalu.
Lokasinya berada di pusat kota Bukittinggi, tepatnya berhadapan dengan Jam Gadang.

8. Istano Basa Pagaruyung





Belum ke Sumatera Barat jika belum mengunjungi bangunan megah khas Minangkabau yang menjadi ikon Sumatera Barat ini. Istana yang ada di Batusangkar ini merupakan replika dari istana Kerajaan Pagaruyung, sementara bangunan aslinya ada di Bukit Batu Patah.

10. Jam Gadang


Dari menara yang merupakan destinasi utama wisata Bukittingi ini, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan aktivitas kota. Puas memandangi Kota Bukittinggi dari atas menara Jam Gadang, kamu dapat bersantai di taman sekitar Jam Gadang atau berburu aneka oleh-oleh.

11. Payakumbuh



Keindahan alam Payakumbuh yang dihiasi dengan hamparan sawah, hutan hujan tropis yang lebat, serta lembah yang mengelilingi kota ini dijamin akan menyegarkan jiwa dan pikiran kamu.

sumber : http://www.bello.id/


No comments:

Post a Comment